Tuesday, August 18, 2009

Kolonel Harland Sanders




Kolonel Harland Sanders, lahir pada 9 September 1890. Mulai aktif dalam memfrancaiskan bisnes ayamnya pada usia 65 tahun. PAda masa ini, usahanya yang dikenal dengan Kentucky Fried Chicken atau KFC® telah berjaya menjadi salah satu yang terbesar dalam sistem makanan segera di dunia. Susuk Kolonel Sanders, dalam restoran makanan segera menjadi simbol dari semangat kewirausahawanan.

Lebih dari satu juta ayam goreng hasil resepi Kolonel dinikmati pada setiap tahun. Dan itu tidak hanya di Amerika Utara. Malahan hampir di 80 negara di seluruh dunia.

Pada umur 6 tahun, ayahnya meninggal dunia. Ibunya sudah tidak boleh bekerja lagi, dan Harland muda sudah harus menjaga adik lelakinya yang baru berumur 3 tahun . Dengan keadaan ini ia harus memasak untuk keluarganya. Pada umur 7 tahun ia sudah pandai memasak di beberapa tempat memasak. Pada usia 10 tahun ia mendapatkan pekerjaan pertamanya di dekat pertanian dengan gaji 2 dolar sebulan.

Ketika berumur 12 tahun ibunya kembali menikah dan beliau tinggal di rumah tempat tinggalnya dekat Henryville, Ind., untuk mendapatkan pekerjaan di pertanian di daerah Greenwood, Ind. Dia berganti-ganti pekerjaan selama beberapa tahun, pertama sebagai driver pada usia 15 tahun di New Albany, Ind., dan kemudian pada usia 16 tahun menjadi tentara yang dikirim selama 6 bulan di kuba.

Setelah itu ia menjadi petugas pemadam kebakaran, belajar ilmu agama, peguam, insurans, operator kapal feri, penjual roti, dan operator bengkel. Pada usia 40 tahun Kolonel mulai memasak untuk orang yang yang singgah di bengkelnya di Corbin, BEliau masih belum mempunyai bengkel pada saat itu tetapi menyajikan makanan hanya di ruang makan bengkelnya

Semakin banyak orang yang datang ke tempatnya untuk makan, akhirnya ia pindah ke seberang jalan dekat penginapan dan restoran yang kapasitinya 142 orang. Selama hampir 9 tahun ia menggunakan resepi yang dibuatnya dengan teknik dasar memasak hingga saat ini.

Citra Sanders semakin baik. Gubernur Ruby Laffoon memberi penghargaan Kentucky Colonel pada tahun 1935 atas kerjasama bagi Negara bagian cuisine. Dan pada tahun 1939, Kehadirannay pertama kali berdaftar di Duncan Hines “Adventures in Good Eating”.

Pada awal tahun 1950 jalan raya baru antara negara bahagian dirancang melalui kota Corbin. Melihat akan berakhir bisnesnya, Kolonel menutup restorannya. Setelah membayar sejumlah wang, ia mendapatkan tunjangan sosial hari tuanya sebesar $105.

Percaya diri dengan kualiti ayam gorengnya, Kolonel meyakinkan dirinya untuk membuka usaha lebih hebat yang dimulakan tahun 1952. Ia pergi jauh menyeberangi Negara beliau dengan menaiki kereta dari satu restoran ke restoran lainnya, memasak sejumlah ayam untuk pemilik restoran dan karyawannya. Jika reaksi mereka bagus, ia menawarkan perjanjian untuk mendapatkan pembayaran dari setiap ayam yang dijual. Pada tahun 1964, Kolonel Sanders mempunyai lebih dari 600 outlet waralaba untuk ayam gorengnya di seluruh Amerika dan Kanada. Pada tahun itu, ia menjual bunga dari pembayarannya untuk perusahaan Amerika sebanyak 2 juta dolar kepada sejumlah group investor termasuk John Y. Brown Jr., yang kemudian menjadi Gubernur Kentucky dari tahun 1980 sampai 1984. Kolonel menrancang hendak membuka francais restorannya untuk public supaya ia nya lebih berkembang..

Pada tahun 1976, sebuah survey independent memberi peringkat kedua dunia sebagai selebriti yang terkenal di dunia. Di bawah pemilik baru, perusahaan Kentucky Fried Chicken tumbuh dengan cepat. Kemudian menjadi perusahaan terbuka pada 17 Maret 1966, dan terdaftar pada New York Stock Exchange pada 16 Januari 1969. Lebih dari 3,500 waralaba dan restoran yang dimiliki perusahaan beroperasi hampir di seluruh dunia ketika Heublein Inc. mengakusisi perusahaan KFC pada 18 Juli 1971 seharga $285 million.

Kentucky Fried Chicken menjadi anak syarikat dari R.J. Reynolds Industries, Inc. (sekarang RJR Nabisco, Inc.), semenjak Heublein Inc. diakuisisi oleh Reynolds pada tahun 1982. KFC diakuisisi pada Oktober 1986 dari RJR Nabisco, Inc. oleh PepsiCo, Inc., seharga kurang lebih 840 juta dolar.

Pada Januari 1997, PepsiCo, Inc. mengumumkan spin-off restoran makanan segranya — KFC, Taco Bell dan Pizza Hut – menjadi perusahaan restoran independen, Tricon Global Restorans, Inc. Pada Mei 2002, perusahaan mengumumkan menerima persetujuan pemilik saham untuk merubah nama perusahaan menjadi Yum! Brands, Inc. Perusahaan, yang dimiliki oleh A&W All-American Food Restorans, KFC, Long John Silvers, Pizza Hut dan Taco Bell restorans, adalah perusahaan restoran terbesar di dunia dalam kategori unit system dengan jumlah mendekati 32,500 di lebih dari 100 negara dan wilayah.

Akhirnya beliau diserang penyakit leukemia pada tahun 1980 di usia 90 tahun, Kolonel telah melakukan perjalanan 250,000 batu dalam satu tahun mengunjungi restoran KFC mengelilingi dunia. Dan itu semua dilakukan oleh seorang lelaki berusia 65 tahun yang menggunakan wang jaminan sosialnya untuk memulai usaha.

Impian untuk berjaya tidak harus impian masa kecil, boleh juga saat usia sudah senja. Inilah kegigihan Kolonel Sanders pendiri waralaba ayam goreng terkenal KFC. Dia memulainya di usia 66 tahun, pensiunan angkatan darat dari negara adidaya, tidak memiliki wang sesen pun kecuali dari tunjangan hari tuanya, yang semakin menipis. Dia memiliki keahlian dalam memasak, dia menawarkan masakannya ke lebih dari 1.000 restoran di negaranya. Mungkin impian Kolonel Sanders sangat sederhana, ingin memiliki wang yang layak untuk hidup di hari tuanya yang tinggal sebentar lagi.

Moral : Orang yang paling berjaya adalah org yg paling susah

2 comments:

  1. Haa... baru aku ingat logo muka Col. Sanders yg lama masa aku kecik2 dulu... skg punya logo Col. tu kurus pulak... dah diet ke ape org tua tu....

    ReplyDelete
  2. Ini bukan gmbr sebenar dia pun ini dia punya generasi .. ...
    hehe/ dia pun tau.. xbaik mkn kfc tuh byk sgt nti cpat gemok.. haha

    ReplyDelete