Tuesday, August 18, 2009

Steve job




Pada Tahun 1976, bersama rekaannya Steve Wozniak, Jobs yang baru berusia 21 tahun mulai mendirikan Apple Computer Co. di garaj milik keluarganya.Dengan susah payah mengumpulkan modal yang diperoleh dengan menjual barang-barang mereka yang paling berharga, usaha itu pun dimulai. Komputer pertama mereka, Apple 1 berhasil mereka jual sebanyak 50 unit kepada sebuah kedai local.

Dalam beberapa tahun, usaha mereka cukup berkembang pesat sehingga tahun 1983, Jobs menggamitt John Sculley dari Pepsi Cola untuk memimpin perusahaan itu. Sampai sejauh itu, Apple Computer menuai kejayaan mereka dan makin meluaskan pengaruhnya dalam industri komputer dengan diluncurkannya Macintosh.

Namun, pada tahun 1985, setelah konflik dengan Sculley, syarikat Apple Computer co memberhentikan pengasa mereka, iaitu Steve Jobs sendiri. Setelah menjual sahamnya, Jobs yang mengalami kesedihan luar biasa banyak menghabiskan waktu dengan bersiara dan melancong ke Eropah. Namun, tak lama setelah itu, pemecatan tersebut rupanya justru membawa semangat baru bagi dirinya. Ia pun memulai usaha baru yaitu perusahaan komputer NeXT dan perusahaan animasi Pixar.

NeXT yang sebenarnya sangat maju dalam hal teknologinya ternyata tidak membawa hasil yang baik secara komersial. Akan tetapi, Pixar adalah sebuah kisah kejayaan lain berkat tangan dinginnya. Melalui Pixar, Jobs membawa trend baru dalam dunia filem animasi seiring dengan dilancarkannya filem produksinya dan selanjutnya Toy Story Finding Nemo dan the incredibles. Disebabakan Pemergian Jobs dan semakin kuatnya dominasi oleh IBM dan Microsoft membuat Apple kalah bersaing dan nyaris bangkrup.

Maka, tahun 1997, Jobs dipanggil semula untuk mengisi posisi CEO sementara. Dengan mengaplikasi teknoligi yang dirancang di NeXT, kali ini Apple kembali bangkit dengan berbagai produk berteknologi maju macam MacOS X, Imac dan salah satu yang fenomena iaitu iPod.

Kisah kejayaan Steve Jobs mengajar kita bahwa tidak ada kejayaan yang segera. Kesusahan dan kegagalan seringkali mewarnai perjalanan hidup kita, tapi jangan biarkan semua itu membuat kita berhenti.

`Tiada kejayaan tanpa pengorbanan`

No comments:

Post a Comment